Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Mail Merge di Microsoft Word

Cara Membuat Mail Merge di Microsoft Word - Mail Merge adalah fasilitas yang membatu kita untuk membuat surat masal.

Untuk membuat sebuah surat harus ada tujuan surat tersebut diberikan, kepada siapa dan dimana tujuan surat tersebut dibuat. Misalnya disini adalah surat undangan. Sebuah event pasti mengundang beberapa atau banyak orang. Biasanya yang kita lakukan adalah membuat surat undangan dengan cara konvensional, maksudnya adalah kita menuliskan kepada dan dimana surat itu ditujukan satu per satu. Dengan menggunakan fasilitas Mail Merge pada Microsoft Word, kita dapat membuat surat masal secara otomatis, jadi kita tidak perlu menuliskan satu per satu penerima surat undangan tersebut.

Pada postingan kali ini admin akan berbagi bagaimana Cara Membuat Mail Merge di Microsoft Word. Berikut langkah demi langkah Cara Membuat Mail Merge di Microsoft Word :

1. Buka Microsoft Word
2. Buat sebuah surat undangan atau download file berikut :

3. Di File yang telah didownload ada "Kepada YTH " dan "Di". Lihat gambar


pada kotak merah itulah yang akan kita masukkan nama dan alamat penerima surat secara otomatis dengan Mail Merge

3. Klik Mailings - Start Mail Merge - Letter. Lihat gambar


4. Setelah langkah No. 3 selanjutnya klik Select Recipients - Use Existing List ...


Keterangan : Use Existing List - Kita menggunakan data penerima yang sudah kita buat sebelumnya. Pada contoh disini menggunakan data dari Microsoft Excel. Untuk download file nya disini 

Di dalam file excel terdapat 2 tabel pada sheet 1 yaitu nama dan alamat yang akan kita gunakan.

5. Pilih file yang sudah didownload


6. Pilih Sheet1 - OK


7.  Setelah mengambil data dari excel, selanjutnya adalah memasukkan nama dan alamat ke surat undangan. Klik Insert Merge Field - Nama. Sebelum Insert Merge Field, posisikan cursor di bawah "Kepada YTH"
Lihat gambar


8. Hasilnya seperti di gambar. 


9. Untuk memasukkan Alamat, lakukan langkah No. 7 tapi pada Insert Merge Field pilih Alamat. Lihat gambar


10. Hasilnya seperti digambar 


11. Untuk melihat hasilnya klik Preview Results. Lihat gambar


12. Untuk melihat siapa saja penerima surat, klik next seperti digambar


13. Setelah semuanya selesai, langkah selanjutnya adalah mencetak surat. Lihat gambar




14. Selesai.

Demikian Cara Membuat Mail Merge di Microsoft Word. Semoga bermanfaat dan terimakasih

Post a Comment for "Cara Membuat Mail Merge di Microsoft Word"