Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Logika IF pada Microsoft Excel

Fungsi Logika IF pada Microsoft Excel

Fungsi Logika IF pada Microsoft Excel merupakan fungsi yang sangat sering digunakan dalam pekerjaan sehari-hari. Fungsi If digunakan untuk pengecekan suatu kondisi bernilai benar atau salah.
Jika suatu kondisi bernilai True atau benar maka akan menghasilkan suatu nilai tertentu dan sebaliknya jika suatu kondisi bernilai False atau salah maka akan menghasilkan suatu nilai yang berbeda.



Contoh :
Mahasiswa A mempunyai nilai 85
Mahasiswa B mempunyai nilai 60

Di atas ada 2 kondisi yang berbeda yaitu Jika Mahasiswa mempunyai nilai >60 maka Mahasiswa Lulus, Jika tidak maka Mahasiswa tidak lulus

Contoh diatas adalah IF tunggal, IF yang hanya memiliki satu syarat yang dipakai untuk menentukan kondisi benar yaitu Mahasiswa dengan nilai >60 dinyatakan lulus, selain itu (selain mahasiswa dengan nilai >60 dinyatakan Tidak Lulus)

Rumus dasar IF tunggal sangat sederhana :

=IF(logical_test;[value_if_true];[value_if_false])


=IF(D4>60;"LULUS";TIDAK LULUS")

jika D4(nilai mahasiswa) lebih dari 60 maka LULUS, jika D4 (nilai mahasiswa tidak lebih dari 60 maka TIDAK LULUS



Untuk IF bersarang atau IF majemuk dan IF dengan kombinasi AND dan OR akan admin bahas pada posting selanjutnya.

Demikian cara menggunakan Fungsi Logika IF pada Microsoft Excel. Semoga bermanfaat dan terimakasih

1 comment for "Fungsi Logika IF pada Microsoft Excel"